BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

"HEMAT ENERGI SELAMATKAN BUMI" Bersama Para Pahlawan Cilik dari Berbagai Kota


Assalamualaikum. Wr.Wb

Hai Sahabat Bumins!!

Gimana nih kabar sahabat Bumins? Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keberkahan dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari ya. Alhamdulilah selesai sudah kegiatan webinar yang dilaksanakan oleh Bumins bertemakan “Hemat Energi Selamatkan Bumi” pada hari jumat tanggal 27 november 2020 pukul 16.00- 17.00 wib yang dimana kegiatan ini diikuti oleh 32 orang terdiri dari 1 moderator, 3 narasumber dan 28 orang peserta dari berbagai kota di indonesia. Kegiatan webinar ini dilakukan dirumah masing-masing melalui via zoom. 

Webinar yang bertemakan hemat energi selamatkan bumi merupakan sebagai bentuk peduli bumi inspirasi terhadap bumi. Energi merupakan suatu kemapuan untuk melakukan tindakan  atau pekerjaan. Allah SWT telah menciptakan energi untuk keperluan hidup manusia. Salah satu energi yang diciptakan oleh Allah SWT yaitu matahari yang merupakan sumber energi utama bagi kehidupan dibumi. Sebagai makhluk hidup yang berakal manusia memiliki peran penting dalam menjaga bumi. Kewajiban manusia sebagai wujud rasa syukur terhadap ciptaan tuhan dan peduli terhadap lingkungan harus dilakukan dengan cara menghemat energi.

Listrik merupakan energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Di indonesia penggunaan listrik didominasi oleh pabrik, perkantoran, dan rumah sakit. Penggunaan listrik jika digunakan secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kehidupan kita sehari-hari. Listrik yang biasanya digunakan berasal dari generator yang mengeluarkan asap karbondioksida. Karbondioksida yang terlalu banyak sangat berbahaya karena dapat mencemari bumi. Hal ini dapat membuat bumi menjadi panas dan gersang. Dampak yang akan terjadi jika digunakan secara berlebih diantaranya Indonesia akan mengalami kegelapan, naiknya suhu global yang menyebabkan perubahan seperti naiknya permukaan laut, meningkatnya fenomena cuaca extrim, cadangan listrik berkurang dan pengeluaran biaya semakin membesar. Setelah kita mengetahui dampak yang akan terjadi akan timbul pertanyaan yaitu Bagaimana  caranya untuk berhemat energi?

Dengan diadakannya webinar “Hemat Energi Selamatkan Bumi” diharapkan agar kita semua sebagai manusia berperan aktif untuk menjaga bumi ini sebaik mungkin dengan cara mengurangi penggunaan listrik secara berlebihan. Webinar ini dimoderatori oleh adik cilik yang sangat menginspirasi yaitu Nur Uyuni seorang pahlawan bumi dari Sumatera Barat. Selain itu ada 3 narasumber cilik yang sangat menginspirasi diantaranya Aslam yang memiliki hobi recyle craft, Arya sebagai pegiat hidup minim sampah cilik Rumah Baca Athaya, dan Khanza sebagai pegiat hidup minim sampah cilik. 

Pada sesi pertama ada Arya. Arya merupakan adik cilik pegiat hidup minim sampah. Hal ini dilihat dari kebiasaan hidup Arya yang mengurangi penggunaan barang yang bersifat plastik. Arya menjelaskan bahwa kita sebagai manusia harus bersama-sama menjaga bumi mulai dari dirumah dulu dengan cara menghemat air, menghemat penggunaan listrik, menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan serta membuang sampah pada tempatnya. Arya menjelaskan bahwa jika suhu bumi naik sampai 2 derajat maka bumi akan menimbulkan efek negatif. Hal ini disebabkan dari 2 hal diantaranya karena hal yang alami dan akibat ulah manusia. Hal alami jika terjadi gunung meletus sedangkan akibat ulah manusia contohnya penggunaan motor berlebihan, membuang sampah secara sembarangan dan menghemat listrik. Jika hal tersebut terus dibiarkan maka panas bumi akan terkumpul dan berputar-putar dibumi dan akan menimbulkan efek rumah kaca. Efek rumah kaca dapat menimbulkan kutub-kutub air mencair sehingga hewan yang tinggal dikutub habitatnya akan punah. Dan yang parahnya daratan akan tenggelam dan akan terjadi kekeringan berkepangjangan. Solusi agar hal itu tidak terjadi kita harus mulai menanam pohon, mengurangi kendaraan yang berlebihan, mengurangi penggunaan plastik dan mengemat dalam menggunakan energi listrik.

Pada sesi kedua ada Aslam. Aslam adalah pahlawan cilik yang memiliki hobi recyle craft. Aslam sekarang sudah kelas 3SD yang berada di cilacap. Aslam memeberikan materi mengenai beberapa tips hemat energi ala Aslam yaitu yang pertama hemat bbm dengan berkebun. Aslam memberitahu bahwa dengan kita menanam sayur-sayuran dihalaman rumah akan menghemat bbm kendaraan karena jika sayur yang ditanam sudah panen maka dapat kita petik dan dimasak sehingga kita tidak perlu lagi pergi kepasar dengan mengendarai kendaraan miliki kita hal ini dapat menghemat bbm kendaraan kita. Yang kedua yaitu hemat bbm dengan bersepeda. Jika ingin berpergian ke tempat yang jarak nya dekat maka diusahakan mengendarakan sepeda atau berjalan kaki saja. Selain dapat membuat badan menjadi sehat bersepeda dan berjalan kaki dapat menghemat bbm kendaraan kita. Tips yang ketiga dari Aslam yaitu hemat bbm dengan tidak mubadzir. Makan dan minumlah secukupnya agar kita tidak memubadzirkan makanan atau minuman kita. Bahan bakar yang digunakan untuk memasak lauk dapat dihemat jika kita tidak memubadzirkan makanan dengan cara menghabiskannya. Yang keempat yaitu hemat listrik. Matikan segala aliran listrik dirumah atau ditempat lainnya jika tidak dibutuhkan misalnya mematikan lampu, ac, kipas angin dan alat elektronik lainnya. Yang kelima adalah hemat air. Air merupakan sumber kebutuhan manusia yang paling penting selain listrik. Air dapat membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Dengan air kita dapat minum, mandi dan lain sebagainya. Gunakan air seperlunya dan jangan membuangnya agar tidak mubadzir. Dari 5 tips dari ala Aslam ini, kita ayo sama-sama hemat energi agar bumi dapat terlindungi dengan baik.

Selanjutnya pada sesi selanjutnya ada Khanza sebagaimara sumber cilik yang sangat menginspirasi melalui kebiasaan nya yang minim sampah yang dilakukannya dirumah. Dalam sesi ini memberikan tips hemat energi dirumah. Khanza menjelaskan bahwa sebagai umat islam, Allah memberi perintah kepada umatnya untuk tidak berperilaku boros dan mubadzir karena perilaku tersebut merupakan perilaku yang sangat digemari oleh setan. Perilaku yang tidak boros dapat kita lakukan dengan cara menghemat energi. Ada dua yang Khanza jelaskan yaitu yang pertama hemat listrik dengan cara mematikan alat elektronik yang tidak terpakai. Jika kita sedang memasak dan ingin menyiapkan bumbu-bumbunya harus diolah dengan cara yang manual contohnya dengan menggunakan ulekan dan tidak menggunakan blender. Sebisa mungkin mengurangi peralatan yang berhubungan dengan lisrik. Dan yang kedua adalah hemat air dengan cara menampung air kedalam ember saat mandi agar air tidak terbuang dengan cuma-cuma. Khanza didalam kesehariannya sudah minim sampah. Hal ini dapat terlihat dari kebiasaan Khanza dirumahnya. Khanza dan keluarga juga sudah menjadi nasabah bank sampah. Khanza dan keluarganya jika ingin mencuci beras air bekas cucian tersebut tidak dibuang melainkan ditampung dan digunakan untuk menyiram tanaman dihalaman rumahnya hal ini sebagai kegiatan menghemat penggunaan air dirumah. Tak hanya itu saja adik Khanza yang masih kecil menggunakan popok yang bisa dicuci. Hal ini sebagai tindakan untuk dapat mengurangi sampah popok di tempat pembuangan akhir dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Dan Khanza beserta keluarganya jika berpergian pasti menyiapkan tas kain, misting dan botol minuman agar dapat menghemat penggunaan plastik saat berbelanja, membeli makanan dan minuman.

Melindungi bumi dengan cara menghemat energi harus dilakukan oleh kita bersama sebagai upaya menyelamatkan bumi dari kehancuran akibat ulah manusia. Dengan adanya ketiga narasumber cilik yang sangat menginspirasi ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada kita semua mulai dari sendiri untuk mengubah pola pikiran dan perilaku kesehariannya untuk menghemat penggunaan listrik, menghemat dalam menggunakan air, menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan dan tidak membuang sampah secara sembarangan. Pada sesi terakhir ada tanya jawab dan sesi foto bersama dan kegiatan ini diakhiri pada pukul 17.00 wib. 



- Neneng Fauziah Aziz 










Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 0896-0423-3954
  • Instagram : Bumiinspirasi_lc


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved