BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami


Bumi Inspirasi Mobile Daycare @Kuliah Umum Institut Ibu Profesional















BUMI INSPIRASI MOBILE DAYCARE
EDUKASI CERDAS FINANSIAL DAN RAMAH LINGKUNGAN UNTUK ANAK
@ KULIAH UMUM INSTITUT IBU PROFESIONAL
By Serli Asmanawati (Green Division Head – Bumi Inspirasi Learning Center)

Sabtu, 10 Oktober 2015 Mentari pagi menyapa dengan sinarnya yang hangat. Tim Bumi Inspirasi bersiap untuk menebarkan inspirasi dan ilmu kepada adik-adik Acara Kids Corner yang bertempat di Bapusipda (Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah)  Jabar.   Bumi Inspirasi Mobile Daycare  mendukung  acara Kuliah Umum Institut Ibu Profesional dengan narasumber Ibu Septi Peni Wulandani (Founder Institut Ibu Profesional) untuk memberikan edukasi cerdas financial dan ramah lingkungan kepada anak-anak peserta Kuliah Umum Institut Ibu Profesional .

Tidak mau kalah dengan para orangtua yang menimba ilmu dalam seminar, anak-anak juga menimba ilmu di Kids Corner. Ada80 anak yang terdaftar dengan rentang usia 2,5 hingga 12 tahun. Fasilitas yang anak-anak dapatkan yaitu berupa Snack, Fun Craft, Edukasi ramah lingkungan, dan Dongeng bersama Kak Sri dan Kak Kus yang merupakan Duta Dongeng Inspirasi. Selain tim Bumi Inspirasi , tim dari ibu guru MI Al-Hidayah dan Duta Firdaus juga menjadi fasilitator dalam acara Kids Corner kali ini. Para fasilitatorpun kompak memakai baju putih dan hijab berwarna pink.
Acara dimulai pukul 07.30 dengan membaca basmallah bersama dan doa belajar, kemudian dilanjutkan dengan games perkenalan. Setelah suasana cukup bersemangat kami mulai dengan acara inti yaitu Edukasi Ramah Lingkungan. Edukasi ini diawali dengan memperkenalkan arti sampah, bahaya sampah, jenis sampah, dan cara mengatasi permasalahan sampah dengan hal yang mudah dan efektif bagi anak-anak.
Hal yang mudah dilakukan adalah dengan BBM “ Belanja Hemat, Berbagi, dan Menabung”. Belanja Hemat seperti Jangan jajan sembarangan, Berbagi yaitu berbagi makanan yang kita punya dengan teman kita, dan Menabung seperti Menabung uang di celengan, maupun menabung sampah di Bank Sampah. Selain itu juga kami mengingatkan tentang Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan), Kurangi sampah dengan Membawa bekal Botol minum, dan tempat makan. Pisahkan sampah organis, anorganis, dan limbah. Manfaatkan sampah organis untuk kompos, dll.
Kami juga melakukan Simulasi menabung di bank Sampah, anak-anak sangat antusias dalam simulasi ini. Mereka Menabung sampah, mengilo sampah, kemudian mendapatkan uang untuk dibelikan snack. Budaya mengantri juga sangat ditekankan pada anak saat menabung sampah.
Setelah itu anak-anak bersiap untuk mendengarkan dongeng dari Kak Kus mengenai Bersyukur. Anak-anak sangat serius memerhatikan Kak Kus dan hanyut dalam cerita dongeng. Untuk menambah keceriaan di sabtu pagi, kami pun segera beranjak ke acara selanjutnya yaitu Fun Creative, dimana anak-anak membuat alat musik marakas dari barang bekas yaitu Pet Bersih (bekas botol air mineral) yang diisi dengan pasir dan dihias menggunakan kertas crape.  Selesai menghias kami menari dan bernyanyi bersama mulai dari lagu Mars Bank Sampah (Jaga Kebersihan - Malu sama Kucing),  Di Sana Senang Di Sini senang, Pelangi- Pelangi , dan Sayonara. Tidak terasa sudah sampai di akhir acara, pukul 12.30 kami pun berdoa bersama, dan memastikan anak dijemput oleh orangtua.



Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
TWITTER
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 087821533553
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved