BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

Kolaborasi edukasi Bank Sampah SMP Al Irsyad bersama Direktur PD Kebersihan





Sabtu,  4 Juni 2016 bertempat di Balai Kota Bandung Tim Bank Sampah Bumi Inspirasi dan Direktur PD Kebersihan Kota Bandung, yaitu  Bapak Gungun Saptari Hidayat berkolaborasi untuk mengedukasi siswa siswi SMP Al-Irsyad yang berjumlah sekitar 180 orang.

Acara diawali dengan sambutan dan materi mengenai volume sampah di Bandung setiap harinya . “Ada sekitar 1500 ton sampah dan tidak semua sampah bisa terangkut ke TPA, jadi peran masyrakat baik individu maupun komunitas dalam mengelola sampah dilingkungannya  sangat penting dalam mengurangi volume sampah Kota Bandung setiap harinya” ujar Direktur PD Kebersihan .
Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan langsung mengenai program “Kang Pis Man” (Kurangi-Pisahkan-Manfaatkan) oleh Founder Bank Sampah Bumi Inspirasi, yaitu Teh Isti Khairani yang berkolaborasi dengan  Serli Asmanawati sebagai edukator Bank Sampah. Selain Kang Pis Man juga dijelaskan mengenai cara memilah sampah sesuai jenis dengan menggunakan Spanduk Ajaib,  cara menjadi nasabah dan cara menabung di Bank Sampah.



Setelah materi yang diberikan, siswa siswi langsung bermain games GPS ( Gerakan Pungut Sampah)yang dipandu oleh Master Games yaitu Teh Nisa. Games dilakukan secara berkelompok dengan waktu 30 menit. Saat games siswa harus ber GPS, baik memungut sampah oranik dan anorganik sesuai soal yang diberikan, kemudian siswa juga  harus mewawancara pengunjung taman Balai Kota mengenai sampah, baik cara pengelolaan sampah yang sudah dilakukan, mengetahui atau tidak mengenai peraturan pemerintah mengenai sampah di Kota Bandung serta sanki apa saja yang diberikan jika melanggar peraturan. Games ini sangat bermanfaat dimana para siswa dapat terjun langsung untuk ber GPS dengan cara yang menyenangkan dan para siswa juga dapat bersosialisasi dengan pengunjung taman Balai kota.



Acara diakhiri dengan pembagian hadiah juara games, pembagian pin “Guardian Of The Earth” dan pembagian benih sayuran seperti benih kangkung, benih pakcoy, dan benih sawi.  Semoga 180 anak yang menjai Guardian of The Earth pada acara ini dapat menginspiasi teman teman yang lain. Salam Inspirasi.









Penulis :

Serli Asmanawati ( serli.asmanawati@gmail.com


Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
TWITTER
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 087821533553
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved