BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

Pasar Sehat 1000 Kebun di SD Mutiara Bunda Bandung





Halo sahabat inspirasi,
Sabtu, 26 September 2016 kemarin,  Kami dari tim Bumi Inspirasi kembali diamanahi untuk mengisi Stand Edukasi Kelola Sampah di Acara Pasar Sehat. Pasar sehat 1000 Kebun kali ini diadakan di SD Mutiara Bunda bertemakan “Piknik Sehat Bersama Keluarga”, dan acara ini benar-benar menjadi sarana liburan menyenangkan sekaligus menyehatkan bagi keluaraga yang sedang menikmati akhir pekan bersama.
Acara ini berlangsung dari pukul 08.00-12.00 yang dilaksanakan di lapangan olahraga SD Mutiara Bunda. Tiap stand sudah tertata rapi dengan desain huruf “U” dan sesuai dengan zonanya masing-masing. Tiap stand terdapat tempat sampah yang dibagi ke dalam jenis organik dan non organik. Kali ini Kak Evi dan Kak Serli yang mendapat kesempatan sebagai edukator di Stand Edukasi Kelola Sampah yang berada di “Zona Edukasi”. Lokasi kami berada di samping kiri panggung. Selain mengedukasi, kami juga membuka workshop kepada anak-anak SD Mutiara Bunda berupa paper quilling. Paper quilling adalah seni menggulung kertas menjadi bentuk-bentuk sesuai yang diinginkan. Kertas yang digunakan bisa kertas apapun, diantaranya kertas baru, kertas yang sudah tidak terpakai, kertas berwarna putih ataupun kertas berwarna.


Sebagai tim yang berada di “Zona Edukasi”, maka kami menggunakan kertas putih yang sudah tidak terpakai (reuse). Kertas dipotong vertikal dengan panjang sesuai ukurran kertas yang digunakan dan dengan lebar 1 cm, hal ini dimaksudkan agar memudahkan dalam proses penggulungan. Media tempel yang digunakan untuk paper quilling adalah kardus. Hanya dengan membayar Rp 10.000,-, anak-anak sudah mendapatkan kertas yang telah dipotong, kardus, lem, dan cat. Cat yang digunakan adalah cat bibit yang mudah untuk dibersihkan. Manfaat paper qulling diantaranya meningkatkan daya imajinasi anak dalam membayangkan suatu bentuk ke dalam wujud nyata, melatih motorik halus anak, melatih kesabaran, dan sebagai sarana meningkatkan kedekatan anak dengan orang tua.


Anak-anak yang mengunjungi stand kami diajak untuk terlebih dahulu mengenal tentang jenis-jenis sampah dan Program Kang PIsMAn . Nah edukasi ini dilakukan oleh Kak Serli. Setelah selesai edukasi,  Kak Serli dan Kak evi menemani anak-anak untuk membuat papper qulling. Ternyata kebanyakan anak-anak hanya mengenal jenis sampah organik dan non organik, sedangkan terdapat satu lagi jenis sampah yang sering terlupakan, yaitu jenis LIMBAH. Jika kita dapat memilah dengan metode Kang PIsMAn maka hanya sampah limbahlah yang akhirnya dibuang ke TPS, karena jenis sampah yang lainnya dapat dimanfaatkan. Selain itu kami juga mengedukasi anak mengenai jenis Sampah anorganik daur ulang, yang mana terbagi kedalam empat kategori besar, yaitu kertas, plastik, besi, dan beling, dimana empat kategori itulah yang nantinya dapat ditabung di Bank Sampah. Setelah edukasi anak-anak dapat membuat paper qulling yang dibantu oleh edukator dengan memberikan contoh langsung. Kebanyakan anak membuat bentuk kupu-kupu dan bunga. Setelah selesai, anak-anak langsung mewarnai hasil karya mereka. Paper qulling  yang telah diwarnai harus dikeringkan terlebih dahulu. Setelah itu hasilnya dapat dibawa pulang sebagai buah tangan karya anak-anak sendiri.


Acara Pasar Sehat di SD Mutiara Bunda merupakan acara edukasi pertama yang Kak Evi ikuti, karna sebelum-sebelumnya hanya sebagai tim mobile yang membantu sekedarnya saja. Kesan selama mengikuti acara ini sangat luar biasa mengesankan. Kami dapat bertemu dengan anak-anak yang memiliki kreatifitas tinggi dalam hal seni dan sangat aktif bertanya. Disini kami juga dapat melihat dan merasakan sendiri bagaimana berada di lingkungan pasar yang menjual beraneka ragam makanan sehat yang dari bahan, cara pengolahan, dan penyajian menggunakan cara-cara yang ramah lingkungan. Tempat berlangsungnya pun sangat mengakomodasi peserta yang datang, karena tersedia meja-meja untuk makan, tempat sampah yang sudah sesuai dengan jenisnya, dan tempat cuci tangan yang dekat dengan arena. Acaranya pun sungguh menarik, peserta dan tenant disuguhi berbagai pertunjukan langsung dari murid-murid TK, SD, SMP, dan SMA Mutiara Bunda yang menunjukan kebolehan bernyanyi dan bermain musik, doorprize yang disediakan pun sangat banyak dan sangat mengedukasi karena hadiahnya berupa buku.

  
Salam Inspirasi

Tim Edukator : Serli Asmanawati dan Evi Nurhidayah

Penulis            : Evi Nurhidayah


Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
TWITTER
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 087821533553
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved