BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami


GUARDIANS OF THE EARTH GO TO JAPAN



Alhamdulillah, pada tanggal 29 September 2017, bumi Inspirasi  mengadakan acara edukatif seru, yaitu, "Guardians of the Earth go to Japan". Dalam acara ini, peserta mempelajari tentang kebiasan untuk memilah sampah dan berbahasa Jepang.

Pada mulanya, anak-anak berkumpul barsama di basecamp bumi inspirasi bersama kak Puji, dan anak-anak pun disambut oleh Kak Puji dalam Bahasa Jepang. #kon’nichiwa (halo…) #Yokoso (selamat datang).

Kak Puji : “Yuk anak-anak kumpul yuk, kita membuat lingkaran, kita perkenalan terlebih dahulu..
Kemudian anak-anak berkumpul dan memperkenalkan diri, dan teman-temannya menjawabnya dengan bahasa jepang #kon’nichiwa ..... (disambung dengan namanya)

Kemudian setelah itu kita, anak-anak pelindung bumi siap-siap untuk berangkat ke jepang menggunakan pesawat (ceritanya) dan….. setelah sampai di bandara kitapun masuk ke pesawat dan menggunakan sabuk pengaman, kemudian…. Wuzzzzzz** Terbang………….. wiiiii
Dan Sampailah kita di jepang.

Sesampainya di jepang (ceritanya) kita berkunjung ke salah satu tempat yang di dalam nya banyak segudang inspirasi, dan kami pun duduk di tempat tersebut.

Kemudian didalam kita menyaksikan dan melihat berbagai kisah inspiratif dari Kak Isti, Story Telling bersama Kak Cucu, Simulasi Bank Sampah bersama Kak Andrian dan Kak Serli, dan Keseruan membuat Craft bersama Kak Puji.

Pertama, Kak Isti berbagi Inspiratif tentang Lingkungan di Jepang, melalui Gambar dan Berbagi Kisah Seorang Gadis Cilik yang Peduli terhadap Lingkungan dengan memilah sampah melalui video. 

Di Kisahkan Aiko seorang gadis cilik di jepang, yang peduli terhadap lingkungan, setiap harinya mengumpulkan dan memilah hasil sampah mulai dari apa yang ia makan dan sampah yang ada di rumahya, ia memisahkan antara plastik dengan kaleng, kertas, dan sebagainya, kemudian aiko menjual ke tempat penampungan sampah (pengepul) dan karena itu ia bisa mandiri untuk mengisi uang saku nya sendiri dari hasil apa yang sudah aiko perbuat, dan yang paling keren banget, aiko sudah menjadi pelinung bumi mulai dari cilik. Yeee….
Kita juga harus menjadi pelindung bumi ya sahabat inspirasi..

Kemudian dilanjut dengan story telling seru bersama Kak Cucu bercerita tentang perilaku doraemon terhadap sampah.

Dikisahkan doraemon seorang anak yang kurang baik, suka membuang sampah sembarangan, pada suatu hari ia makan  suatu makanan yang kemasannya di buang di mana saja, kemudian ia pergi begitu saja dengan tidak merasa salah sama sekali, dan dia dalam perjalanan pulang kerumah, sesampainya dirumah, ia ngantuk dan tertidur.
Tiba-tiba….

Doraemon : “ wahhh, ada apa ini, suara angin besar, hujan turun sangat besar sekali, aaaaa.. aaaa ada air dirumah ku, rumahku banjir... aaa.. aaa.. tolong.. tolong.. karna ia ketakutan, ia terkaget dan bangun dari tidurnya, karna itu sebuah mimpi.

Dan doraemon pun merenungi mimpinya, dan ia merasa bersalah atas perbuatan ia terhadap lingkungannya…
Sangat Seru yaa adik-adik.

Nah setelah itu, anak-anak belajar tentang “recycle fun” melalui Simulai Bank Sampah bersama Kak Andrian dan Kak Serli, anak-anak belajar dimulai menjadi nasabah, petugas bank sampah, dan customer bank sampah, disini anak anak belajar untuk memilah sampah dan menerima sampah kemudian mengelolanya.

Dan bersama kak puji, anak anak membuat origami yang sangat lucu, yaitu membuat #ichigo (strobery),  #ninjin (wortel), dan #Tomato (tomat), dan hasilnya pun pada bagus J

Kemudian terakhir, sebelum pulang anak-anak membawa oleh-oleh halal food ala japan dengan menu : Sushi, Chikua, Kacang Edameme, Tempura Bayem dan Jamur. Plus Ichigo.  yeee

Ilmu yang diperoleh anak-anak hari ini sangat banyak dan dibawakan denganmenyenangkan sambil bermain dan menambah kosakata baru dalam bahasa jepang. Semoga anak-anak bisa menjadi agen perubahan untuk keluarga di rumah dan masyarakat.



Dan ada info, kabar baiknya, "Guardians of the earth go to Japan" ini akan di buka Batch 2. jadi pastikan ayah bunda mendaftarkan anak-anak nya yaa...

Salam Inspirasi


Terimakasih
arigatougozaimasu 


Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
TWITTER
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 087821533553
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved