BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

Webinar Pahlawan Pelindung Bumi Bersama SD Pribadi Bandung Selasa, 10 November 2020


 



3 Pahlawan Cilik Pelindung Bumi yang aktif dan giat dalam melakukan kegiatan KangPisMan dalam kehidupan sehari-harinya secara bersama-sama berkolaborasi dalam acara webinar Pahlawan Pelindung Bumi spesial Hari Pahlawan. Kegiatan yang diselenggarakan SD Pribadi Bandung bersama Bumi Inspirasi pada hari Selasa 10 November 2020. Webinar kali ini membahas tentang bagaimana kita meneladani semangat para Pahlawan terdahulu dengan cara menjadi Pahlawan Pelindung Bumi di zaman milenial dengan cara menerapkan KangPisman.

Kegiatan webinar ini dimulai pada pukul 08.00 WIB. yang dibuka oleh Mrs. Annisa selaku Guru dari SD Pribadi Bandung, setalah itu acara dilanjutkan oleh Lukman selaku moderator acara yang memaparkan rangkaian materi yang akan disampaikan oleh para Pahlawan Cilik dan memimpin yel-yel Pahlawan Pelindung Bumi.

Sesi pertama dimulai dengan pemaparan materi dari Fara (Komikus cilik dan Penulis Cilik - Pahlawan Pelindung Bumi) yang menjelaskan tentang tentang "Ada apa dengan Sampah" dan implementasi Kangpisman yang dilakukan Fara. Kemudian Fara berbagi inspirasi mengenai pengalamannya dalam membuat komik  dan menulis bertema lingkungan, dan sudah diterbitkan menjadi buku. Setelah talkshow, siswa menonton video Monsa (Monster Sampah dan Kangpisman).

Pada sesi kedua ada materi dari Nabira ( Pelajar SD Pribadi Bandung - Pahlawan Cilik Pelindung Bum)i yang menjelaskan tentang Tips Mengurangi Sampah ala Nabira yang selalu membawa kantung kain saat berbelanja, dan di rumah sudah rajin memilah sampah dengan menyediakan tempat sampah mini untuk daur sampah ulang dan untuk sampah organik rajin dibuang ke lubang depan rumah agar menjadi kompos. Nabira juga udah keren loh karena menjadi Pahlawan Bumi dengan memungut sampah di kompleks bersama ayahnya.

Pada sesi ketiga Uyuni (Pahlawan Cilik Pelindung Bumi dari Majene Sulawesi Barat) diawal sesi Uyuni mengutip Slogan Presiden Ir.Soekarno ”Berikan Aku 1000 Orang Tua, Niscaya Akan Kucabut Semeru Dari Akarnya, Berikan Aku 1 Pemuda, Akan Ku Guncang Dunia.” Slogan Uyuni “1000 Sampah Berserakan, 1 Pahlwan Cilik Akan Membersihkannya.” Setelah itu Uyuni menjelaskan materi tentang Tips mengurangi sampah ala Uyuni “TIPS” (Tumbler, Ingat teman tumbler alias misting atau tempat makan, Pantang kresek, dan Sepedahan sambal memungut sampah). Uyuni selalu membawa tumbler dan misting ketika akan jajan makanan atau pun minuman, rajin memungut sampah saat bersepeda untuk dibuat ecobrick, selain itu Uyuni juga menceritakan pengalamannya saat mulai berkebun cabe, jagung dan tanaman lainnya.

Pada sesi keempat ada pemaparan materi dari Andrian (ketua Bank Sampah Bumi Inpirasi) mengenai Bank sampah dan jenis-jenis sampah yang di terima di bank sampah Bumi Inspirasi,selain itu ada kegiatan interaktif pilah sampah anorganik yang ada dirumah bersama anak-anak SD Pribadi Bandung.

Setelah semua materi disampaikan oleh pemateri, selanjut ada sesi kuis yang di sampaikan oleh moderator, kuisnya adalah siapa yang berani menceritakan materi apa saja yang sudah didapatkan pada webinar kali ini, Alhamdulillah ada 2 orang anak dari SD Pribadi Bandung yang berani menjawab dan menceritakannya dengan cukup lengkap tentang materi apa saja yang sudah mereka terima saat mengikuti acara. Mereka berdua mendapat hadiah berupa komik Pahlawan Cilik Balad KangPisMan.

Di akhir sesi webinar moderator menyampaikan pesan kepada para pahlawan cilik pelindung bumi untuk selalu semangat dalam menjaga bumi dengan menerapkan gaya hidup Kang Pis  Man.










Artikel Terkait

  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 0896-0423-3954
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved