BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

Edukasi Pengembangan Projek Kelola Sampah Organik SD Ar-Rahman Darul Ilmi Bandung bersama Bumi Inspirasi_Jum’at, 31 Maret 2023


 

Assalamualaikum.. 

Hayyyy Sahabat Buminss!πŸ‘‹πŸΌπŸ‘‹πŸΌπŸ‘‹πŸΌ

Semoga semua nya selalu dalam keadaan sehat di bulan Ramadhan ini yaaa..

Kali Ini Bumi Inspirasi masih bersama dengan teman teman dari SD Ar Rahman Darul Ilmi Bandung Lho! Setelah banyak nya kegiatan yang dilakukan Bumi Inspirasi bersama dengan SD Ar Rahman, kali ini dengan projek pengembangan kelola sampah organik, mengenai komposter dan lainnya. Alhamdulilah kali ini bersama dengan aa dan teteh kelas 6 juga duta lingkungan dari masing masing perwakilan kelas, kelas 1 sampai kelas 6.


Dengan pembukaan oleh Bunda Isti dan Kak Salma, kali ini teman teman mengenal dan mengetahui seperti apa kondisi sampah kita saat ini khususnya di Kota Bandung yang ternyata semakin hari, sampah yang dihasilkan semakin overloar dan membludak karena tempat yang masih dengan volume yang sama namun sampah semakin bertambah. Bagaimana kondisi TPA sarimukti saat ini yang juga menampung sampah sampah di Kota Bandung hingga perjalanan yang dilalui sampah setiap hari nya yang berawal dari tangan dan rumah kita sendiri.

Setelah itu kemudian teman teman melihat Demo pembuatan Starter kompos Cuma dengan media karung aja bersama Pak Wage, urutan dan rangkaian bagaimana cara membuatnya hingga sampai akhirnya bisa digunakan untuk selalu di stok dengan sampah organik yang biasa kita hasilkan dalam kehidupan kita sehari hari.

Setelah melihat bagaimana membuat starter kompos dikarung aja, kemudian teman teman mempraktekannnya langsung di takakura kompos sekolah di support oleh Bumi Inspirasi dengan media takakura agar bisa digunakan selama disekolah. Dengan membawa berbagai sampah organik dari rumah mulai dari kulit sisa sayuran dan buah buahan, aa dan teteh kelas 5 dan 6 ini langsung menggabungkannya ke takakura yang sudah disediakan. Kemudian setelah itu kami semua diskusi bersama duta lingkungan tentang bagaimana pengembangan kelola sampah selama beberapa pekan terakhir disekolah, mulai kembali membangun semangat teman teman untuk konsisten kelola sampah organik maupun anorganik disekolah.

Selain dengan itu sahabat Bumins, SD Ar Rahman juga sudah memiliki beberapa tempat sampah terpilah loh, yang sudah menjadi rutinitas warga sekolah untuk pilah sampah sesuai jenisnya yang kemudian nantinya akan di tabung ke Bank Sampah Induk Kota Bandung, kerennnn yaaaa…

Loseda, komposter, ecoenzym, pilah sampah terpilah, berkebun dengan suasana sekolah yang asri menjadikan SD Ar Rahman menjadi sekolah yang selalu semangat untuk mengelola sampah dan go green untuk semua pahlawan pelindung bumi siswa siswi nya, luar biasa Masya Allah…


Semoga menjadi Inspirasi sahabat Bumins untuk selalu semangat jadi pahlawan bumi, terkhusus bagi sekolah sahabat Bumins yang mau belajar bersama bareng Bumi Inspirasi.

Gimana nih? Sahabat Bumins juga mau berkolaborasi bersama Bumi Inspirasi untuk pengembangan projek sekolahnya untuk mewujudkan sekolah yang ramah lingkungan dan cinta bumi???

Sahabat Bumins bisa hubungi tim Bumi Inspirasi di Instagram kami @bumiinspirasi_lc atau hubungi juga narahubung yang tersedia di Bio yaaa..

Instagram : @bumiinspirasi_lc

Webssite : bumiinspirasi.or.id

Youtube : Bumi Inspirasi

Sampai jumpa di kegiatan selanjutnya dan pantengin terus kegiatan Bumi Inspirasi di Instagram, Youtube dan Website yaaa, sampai bertemu kembali dan sehat selalu untuk semua sahabat Bumins di seluruh Indonesia. πŸ‘‹πŸΌπŸ‘‹πŸΌπŸ‘‹πŸΌ

See you on dan Salam Inspirasi πŸŒ±

Terimakasih…

 








Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 0896-0423-3954
  • Instagram : Bumiinspirasi_lc


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved