BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

Cerdas Finansial Dari Dapur





Ibu adalah manajer keuangan dalam sebuah keluarga, tapi terkadang masih ditemui berbagai tantangan terkait keuangan keluarga, sehingga seorang Ibu harus Cerdas Financial, dan Kreatif dalam mengelola keuangan keluarga.
Berikut beberapa Tips terkait Cerdas Financial dari Dapur:
1. Menyusun Menu 10 Harian
Membagi pos belanja dapur menjadi 10 harian, misal Rp.250 ribu untuk 10 hari. Tujuannya supaya budget dan gizi itu dapat merata dalam sebulan. Ibu sebagai manajer keuangan sekaligus sebagai dokter gizi dalam keluarga dapat membuat rencana menu yang memenuhi standar gizi (4 sehat 5 sempurna). Kita juga dapat memperkirakan menu seperti apa yang cukup gizinya dan hemat, misal dalam 10 hari  makan daging 2 kali,makan ikan 2 kali, ayam 2 kali, selebihnya sayur, tahu, dan tempe,,atau telur. Mengapa tidak membuat menu seminggu atau 7 hari?supaya menu bervariasi dan tidak ada menu yang sama pada hari yang sama.
Dalam memasak juga dalam penggunaan daging (yg harganya cukup mahal) diukur secukupnya saja dan diprioritaskan untuk kebutuhan gizi anak. Misal daging digunakan sedikit saja untuk kaldu sop, tdk dipake smua,  karena sop isinya bisa macam2 seperti macaroni, wortel, kentang, kol, dl.
Untuk buah juga dibagi pos 100 ibu untuk 10 hari. Jadi kita bisa susun menu buah, missal: pisang,papaya, apel (bisa yg diskon di supermarket), semangka yg sudah dipotong, dll. Jika punya tetangga atau teman penjual buah, kita bisa deposit uang untuk buah 10 hari, dan kita tinggal memesan secara online (sehingga pengeluaran buah bisa sesuai anggaran). Karena kalau membeli buah di supermarket, kalau pengalaman saya sulit untuk fokus, akhirnya jadi lebih boros, karena  suka membeli barang atau makanan lain yang bukan kebutuhan (hanya keinginan aja).
Bikin menu yang tidak menggunakan banyak minyak goreng, insya Allah tubuh lebih sehat dan hemat minyak
2. Sulap rumah jadi restoran di weekend
Banyak keluarga muda yg Pos pengeluaran trbesar adalah budget untuk makan di luar saat weekend dan jalan2 di mall. Padahal kalau kita membuat makan sendiri di rumah, akan jauh lebih hemat dan acara memasak kalau dibuat kreatif akan menyenangkan untuk anak-anak dan bernilai edukatif.
Ide menu masakan restoran:  membuat bitter balen atau donat bersama anak
Resep
BITTERBALLEN KEJU
Bahan : 100 gr margarin 1 butir bawang bombay, cincang halus 2 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus 150 gr tepung terigu serbaguna 350 ml susu cair 200 gr daging giling yang sudah ditumis dulu garam, merica bubuk, pala bubuk dan gula pasir secukupnya 1 batang daun bawang, iris halus 50 gr keju cheddar potong dadu kecil Pelapis : 3 butir telur, kocok lepas (aku pakai stok putih telur) tepung panir secukupnya

Cara Membuat : - Panaskan margarin hingga leleh, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. - Masukkan terigu, aduk rata hingga berbulir-bulir. - Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan kental. - Masukkan daging giling yang sudah ditumis, bumbui dengan garam, merica bubuk, pala bubuk dan gula pasir. Aduk rata dan test rasa. - Masukkan daun bawang. Aduk rata dan matikan api. - Setelah hangat, bentuk bulatan kecil, beri isian keju dan bulatkan kembali. Lakukan hingga habis. - Gulingkan bitterballen ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur dan gulingkan kembali ke tepung panir hingga rata. Lakukan hingga habis. - Diamkan di kulkas selama kurang lebih 30-60 menit sebelum digoreng agar tepung panir menempel sempurna. - Panaskan minyak, goreng bitterbalen hingga coklat keemasan. - Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat.




Memasak Bersama
Berbelanja buah di pasar atau tukang buah, kemudian seluruh keluarga bermain peran bersama seperti sebuah warung jus atau restoran (ada yang berperan sebagai penjaga restoran, mencatat menu, membuat menu, kasir, koki, dll). Anak-anak akan sangat senang kalau membuat juice sendiri, membuat snack ala restoran, dan yang membeli adalah orangtuanya (bisa simulasi pake uang-uangan)/ Hal ini juga bisa melatih financial education for kids.


3. Evaluasi Bocor Halus Dapur
Catat seluruh  outcome trus dievaluasi dimana kelemahan kita dan bocor halusnya, misal: sering belanja di minimarket dan sering tarik tunai ATM. Untuk mensiasatinya kita bisa tarik  semua secara tunai untuk pos belanja dapur , lalu dibuat pos2 keuangan. Dan untuk belanja rutin (bulanan) selalu kita buat daftar bulanan dan bisa belanja rutin sebulan sekali di supermarket.


4. Kreatif untuk alat dapur
Utk menghemat pengeluaran membeli tissue, bisa menggunakan kanebo (yg biasa untuk mobil). Untuk membersihkan bekas-bekas kotoran di dapur atau di meja jd bs lebih hemat tissue dan lebih mudah dan mura.
Sabun cuci piring bisa dicairkan dulu di botol. Hal ini bisa lebih hemat dan cukup untuk membersihkan peralatan dapur
Gunakan presto untuk merebus daging atau ayam, jadi dapat menghemat gas..
Alat dapur bisa digunakan untuk alat bermain music anak (alat bermain music yang murah dan menyenangkan untuk anak2), anak bisa bermain mengenai irama dan mengenal bunyi.







Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
TWITTER
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 087821533553
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved