BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami


PASAR HEJO KOTA BARU PARAHYANGAN


Hayu Hejo..

6-7 mei 2017 ( di bale pare kota baru parahyangan )

Setiap tahunnya pasar hejo  selalu ada yaitu setahun sekali, dan ini kali keduanya Bumi Inspirasi di undang untuk menghadiri pasar hejo yang berlokasi di bale pare kota baru parahyangan. Sebelumnya Bumi Inspirasi sudah melakukan rapat bersama Pa Ali, Green Citarum dan GSSI (Gerakan Senyum Selalu Ikhlas), mengenai konsep edukasi kelola sampah, nah untuk Bumi Inspirasi kebagian pengelolaan sampah dan bank sampahnya yang pastinya sampah an organik, namun tidak semuanya diterima seperti keresek dan bungkus kopi, nah yang tidak keterima itu masuk ke Green Citarum untuk dibuat kantong belanja, dompet dari bungkus kopi, sedangkan untuk yang organiknya masuk ke GSSI untuk dijadikan pupuk kompok dan cair menggunakan lubang biopori, yang berguna sebagai tempat untuk sampah sisa sayuran, yang berguna untuk penyuburan tanah dan menjadikan sampah yang dimasukan ke lubang biopori bisa menjadi pupuk organik. di stand Bumi Inspirasi bukan hanya mengenai edukasinya saja, tapi menerima tukar sampah dengan barang-barang yang sudah tersedia di 1000K mart, barang-barangnya mulai dari pulpen, buku, pensil, notebook, dan masih banyak lagi. Ada benih gratis pula untuk para pengunjung yang mau.

Bagusnya pasar hejo ini selalu menghadirkan petani organik, artisan makanan sehat, produk ramah lingkungan dan kreativitas anak, dan pastinya selalu diinfokan kepada para pengunjung yang dating untuk selalu BBM (bawa botol minum, bawa bekal misting dan bawa kantong kain pastinya).
Setelah semua persiapan cukup dari seluruh tim akhirnya pembukaan pasar hejo pada sabtu, 6 mei 2017 dihadiri oleh para petinggi di kota baru dan seluruh peserta. Yang sebelum pembukaannya ada penanaman pohon dan penjelasan acara pasar hejo, barulah dibuka pasar hejo ini oleh ketua dari pasar hejo kota baru parahyangan, setelah itu lalu ada pelepasan 100 burung, musik sampah dan tarian pembuka, begitu ramainya pembukaan pada hari pertama ini.

Setelah selesai acara pembukaannya, para tamu undangan langsung menghampiri setiap stand-stand yang ada di pasar hejo. Sesuai dengan konsep sebelumnya dari bumi inspirasi yaitu ada tukar sampah dengan voucher belanja, banyak warga parahyangan langsung membawa sampahnya ke stand bumi inspirasi untuk ditukar, sebelum penukaran, tidak lupa kamipun edukasi dulu untuk jenis-jenis sampah yang diterima di bumi inspirasi, mulai dari sampah jenis kertasan, besi-besian, plastik, dan kaca. Namun dalam acara ini kami hanya menerima sampah kertasan dan plastik. Lalu setelah itu penimbangan sampah yang dibawa tersebut, setelah di catat hasilnya berapa lalu ditukarkan dengan voucher yang bisa dibelajakan di 1000K mart Bumi Inspirasi, yang datang pertama ini membawa sampahnya bnyak hingga mencapai 40 ribu lebih dan belanja dengan banyak juga karena sudah dimurahkan sekali barang-barang yang terpajang di 1000K mart tersebut.
Selain ada tukar sampah, untuk mengisi kekosongan juga di stand Bumi Inspirasi ada membuat desain gambar kantong kain langsung.




Itulah kegiatan-kegiatan di stand bumi inspirasi selama 2 hari di acara pasar hejo kota baru parahyangan, semoga untuk selanjutnya bumi inspirasi bisa mengikuti pasar hejo lagi.


Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
TWITTER
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 087821533553
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved