BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami


BUMI INSPIRASI KIDS CLUB DAY 3




Tidak terasa, Bumi Inspirasi Kids Club kali ini telah memasuki hari terakhir. Pada hari Ini, hari Kamis, tanggal 13 Juli 2017, BIKC diselenggarakan di SABUGA ITB yang beralamat di Jl. Taman Sari No.73, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132.

Acara dimulai dengan edukasi tentang sampah oleh Tim Bumi Inspirasi. Edukasi ini diawali dengan penjelasan jenis-jenis sampah. Ada 4 jenis sampah, yaitu  organic, anorganik, limbah, dan sampah b3 ( berbahaya, berbau, dan beracun). Selanjutkan, adik-adik dijelaskan mengenai jenis sampah yang dapat ditabung ke Bank Sampah, yaitu sampah anorganik. Tapi, tidak sembarang sampah anorganik yang dapat ditabung ke Bank Sampah. Sampah anorganik yang dapat ditabung ke Bank Sampah terbagi lagi menjadi 4 jenis, yaitu ; plastic, besi, kaca, dan kertas. Untuk lebih jelasnya, adik-adik dibuatkan games supaya dapat melihat, menyentuh, dan lebih paham akan jenis sampah tersebut. Games tersebut bernama Game Pilah Sampah. Adik-adik berbaris sesuai kelompoknya, dan di depan mereka semua terdapat 4 karung dengan tulisan jenis-jenis sampah yang dapat diterima di Bank Sampah, yang kemudian adik-adik harus mengambil sampah, mengestafetkan sampah, dan memasukkannya ke dalam karung dengan jenis yang tepat.


Setelah game, adik-adik melakukan role play simulasi Bank Smapah. Ada yang menjadi nasabah, pembaca kiloan, penulis kiloan sampah, dan penulis saldo. Role play ini dilakukan agar adik-adik dapat mengetahui bagaimana sih rasanya jadi petugas Bank Sampah. Setelah role play, adik-addik berbaris sesuai kelompoknya bersiap untuk menuju ke lantai 4 SABUGA ITB . Untuk adik-adik  kelompok 1-4 dibimbing oleh fasilitator dari Bumi Inspirasi, sedangkan untuk kelompok 4 dan 5 dibimbing oleh fasilitator dari ITB Insight.

Adik-adik sudah dilantai 4 ! Waktunya ke Dome Theatre. Inilah teater tiga dimensi bentuknya seperti sebuah kubah, dome theatre ini adik-adik disuguhkan banyak film dokumenter dan film ilmu pengetahuan dan teknologi. Kali ini, kita menonton film tentang musim-musim yang ada di dunia. Dan serunya lagi, adik adik saat masuk ke ruangan ini dan melihat pertunjukan film adalah selain pemahaman anda akan bertambah akan iptek, juga adik-adik akan dibawa masuk seperti anda benar-benar di dalam film yang diputar tersebut.Dan ternyata, teknologi Dome Theatre ini merupakan teknologi tahun 1996. Tetap keren yaa

Adik-adik melanjutkan aktifitasnya menuju ke Science Gallery. Disini, adik-adik dapat melihat dan mencoba alat peraga sains yang cukup lengkap. Adik-adik disuguhkan alat-alat peraga sains seperti ; Bernaulli Ball ( bola melayang) ; Whisper Dish ( parabola penghantar suara) ; Jacob’s Ladder ( loncatan listrik dalam tabung transparan) ; Large Kaleidoskop ( Pemantulan bayangan dalam 3 cermin) ; Captured Shadow ( penangkap bayangan) ; Bottle Lighting ( bola kaca beraliran listrik), dan masih banyak lagi.

Dan, sebagai penutup acara, fasilitator membagikan doorprize dan merchandise, tak lupa untuk foto bersama. Semoga adik-adik tetap semangat untuk menjadi Guardians of The Galaxy.
BUMI INSPIRASI KIDS CLUB : LEDAKKAN KREATIFITASMU !


Penulis : Santika Afriyanti (Bendahara Bumi Inspirasi)


Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
TWITTER
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 087821533553
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved