BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

Training Manajemen Keuangan Mahasiswa Bidik Misi ITB





Alhamdulillah, pada hari Sabtu, Tanggal 25 November 2017, Founder Bumi Inspirasi Learning Center  mendapat undangan dari GRAK Consulting untuk menjadi Narasumber dalam Training Manajemen Keuangan untuk mahasiswa Bidik Misi ITB yang diselenggarakan oleh GRAK Consulting dan ITB. Training Manajemen Keuangan yang dihadiri sekitar 60 orang mahasiswa ITB berlangsung di Aula Teknik Sipil ITB.

Training berlangsung selama 2 hari. Di hari pertama, sesi pertama peserta menerima materi yang sangat memotivasi mengenai impian, misi hidup, kekuatan diri, dan materi soft skill lainnya dengan  narasumber Bpk. Arfi Rafnialdi. Dilanjutkan sesi kedua oleh Isti Khairani (Founder Bumi Inspirasi), dan hari kedua membahas tentang manajemen keuangan organisasi.

Pada hari pertama di sesi kedua, Founder Bumi Inspirasi  berbagi inspirasi mengenai makna hidup, makna harta sebagai titipan Tuhan. Dan peserta berbagi  pengalaman dan inspirasi untuk mendapatkan tambahan penghasilan halal saat kuliah. Narasumber mengingatkan peserta untuk selalu memperoleh harta yang halal dan memiliki benteng yang kuat untuk tidak tergoda terhadap  harta yang tidak halal. Karena  adanya peluang untuk mendapatkan harta yang tidak halal, jika tidak amanah saat berorganisasi.  Dalam sesi ini peserta mendapatkan tambahan insight melalui video “Black Hole” yang menggambarkan adanya peluang untuk berlaku tidak jujur atau mendapatkan  harta tidak halal, dan sifat manusia yang rakus dan menghalalkan segala cara, serta akibatnya yaitu hidup yang tidak berkah,  dan mendapat hukuman di dunia dan di akhirat.

Dalam pelatihan ini, peserta juga belajar menuliskan impian dan tujuan keuangan yang SMART (Spesific, Measurable, Attainable, Realistic, Timeable). Dan melakukan Financial Check Up, serta menyusun laporan keuangan sederhana, dan konsisten mencatat pemasukan dan pengeluaran sehingga bisa mengevaluasi bocor-bocor halus dalam pengeluaran.
Alhamdulillah, mendapatkan banyak inspirasi dari impian yang dituliskan oleh teman-teman mahasiswa. Semoga dimudahkan untuk mencapainya. Ada yang memiliki impian untuk menyekolah adik,  ingin membelikan rumah untuk bundanya, mempunyai desa binaan, mengajar anak di daerah tertinggal, membangun sekolah gratis, membangun perpustakaan umum kuliah S2, kerja di luar negeri, hafal 30 Juz Al Qur-an, dan impian menginspirasi lainnya.

Banyak inspirasi dari temen-temen mahasiswa terkait pengelolaan keuangan untuk menambah penghasilan atau mengurangi pengeluaran, antara lain kisah mahasiswa yang menjadi tutor di asrama supaya bisa mendapatkan biaya asrama gratis, mahasiswa yang berbisnis pulsa, menambah penghasilan dari fotografi, selalu berjalan kaki ke kampus, serta mahasiswa yang memperoleh tambahan penghasilan dari mengajar les privat, serta mahasiswa yang sudah rutin menabung untuk biaya kuliah adiknya, dan lain-lain.

Testimoni Peserta:
“Nice experience, jadi ada gambaran untuk mengatur keuangan”

“Jadi lebih sadar pentingnya untuk mengelola keuangan dan mengontrol keinginan untuk memprioritaskan kebutuhan. Serta menumbuhkan rasa dan aware akan pentingnya menabung dan berinverstasi”

“Financial Planning hari ini keren banget! Harapannya di bagian dana likuid lebih diperdalam lagi”

“Menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman. Sekarang jadi lebih tahu bagaiman cara mengelola uang dengan baik”

“Training keuangan ini menurutku sangat bermanfaat. Dari sini saya bisa dapat gambaran apa yang harus saya lakukan untuk mengelola keuangan saya. Salut..!

“Sudah mantapp..Jadi ingin menuliskan laporan keuangan secara konsisten”

“Sangat Menginspirasi”

“Jadi terfikirkan dan tersadarkan untuk menabung dan menyiapkan dana dan investasi untuk masa depan”

“Acara Financial Planning ini membuat saya termotivasi untuk menabung dan menghemat. Selain itu diberi tahu kalau sampah bermanfaat”

“Setelah dapat materi, semakin semangat bikin catatat pengeluaran. Semoga bisa istiqomah dan hemat”

“Seminar ini sangat membantu sekali dalam pengelolaan keuangan per bulan”

“Materinya mudah dipahami. Tapi saya jadi tertarik ke bank sampah, jadi pingin lebih tahu”



“Sangat baik. Saya menjadi paham dan semangat mengelola keuangan”


Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
TWITTER
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 087821533553
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved