BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami


Guardians of the Earth Go to Bumi Inspirasi





Alhamdulillah, pada hari Jum’at, tanggal 6 Juli 2018 dilaksanakan Acara Holiday Program “Guardians of the Earth Go to Bumi Inspirasi”. Acara ini diikuti 29 orang anak usia 4 sampai  10 tahun yang berasal dari Bandung, Balikpapan, dan dari Adelaide – Australia.  Senang sekali banyak bertemu teman-teman baru dari berbagai sekolah dan dari Bandung dan luar Bandung.

Acara diawali dengan Icebreaking seru yang dipimpin oleh Kak Nur. Supaya anak-anak semangat dan lebih sehat, ada Senam Angka yang diiringi oleh music lagu “Satu ditambah satu”, soalnya kan kalau di Bank Sampah harus pinter hitung angka..hehe..dan juga biar tambah seru ada Games Respon Angka juga..lho..!


Kemudian anak-anak masuk ke dalam Bumi Inspirasi Indoor Hall. Kaka Fasilitator Bumi Inspirasi mulai materi mengenai gambaran umum tentang Sampah, Apa Akibat Sampah yaitu Banjir dan Longsor, dan tentang akibat sampah terhadap makhluk hidup lainnya yang dijelaskan melalui Story Telling  dengan kombinasi pendongeng dengan Audio Visual tentang “Kisah Nyuyu Penyu dan Bebek Baik Hati” yang berkisah tentang Bebek yang menemukan di pantai begitu banyak sampah, dan dia menemukan penyu yang terbaring sakit karena ternyata makan sampah plastik (yang dikira ubur-ubur), kemudian penyu diselamatkan oleh Bebek dan oleh Bebek dibawa ke Dokter Hewan.

Anak-anak diberi gambaran mengenai banyaknya sampah plastik di Lautan, dan  berapa lamanya sampah plastik itu bisa musnah, ternyata botol plastik yang kita minum sekarang baru bisa hancur setelah 400 tahun, dan sampah-sampah lainnya. Sehingga kita perlu mengurangi sampah di Bumi.
Anak-anak menonton Video Inspiratif dari California dan Jepang tentang anak ramah lingkungan. Video California tentang Ryan, anak berusia 6 tahun yang telah mengembangkan bisnis daur ulang sampah, dan keuntungannya dia donasikan untuk konservasi anjing laut. Dan video Jepang menceritakan tentang Kakak Aiko yang semangat memilah sampah di rumahnya dan ingin menjadi “Waste Management Specialist”.




Founder Bumi Inspirasi (Kak Isti ) juga bercerita tentang Waste Management di United Kingdom, tentang warganya yang disiplin memilah sampah di rumah, dan sampah organic nya disimpan dalam kantung khusus yang bisa menjadi kompos. Serta kisah Ilmuwan di Inggris yang meneliti ikan dari lautan, dan menemukan dari sampelnya sekitar sepertiga ikan dari hasil sampel di perutnya ada sampah plastik.  Anak-anak juga mendapat bonus Inspirasi dari Australia, karena salahsatu peserta acara Bumi Inspirasi, yaitu Bunda Fiena bersedia untuk berbagi cerita tentang waste management di Australia tentang pilah sampah di rumahnya, dan kantung plastic berbayar di Australia. Waah…ternyata keren-keren ya…waste management di Negara-negara Maju!!



Di Kota Bandung sebenernya udah ada program yang keren, yaitu Kangpisman (Kurangi – Pisahkan Manfaatkan), peserta juga menyaksikan Video Bandung Kawasan Bebas Sampah tentang Kangpisman. Dan dijelaskan lebih lanjut oleh  Ka Leni tentang implementasi Kangpisman sehari-hari. Yaitu Kurangi sampah dengan penggunaan botol minum isi ulang, bawa misting, dan Bawa Kantung Kain. Pisahkan Sampah menjadi Organik, Anorganik, dan Limbah. Serta Manfaatkan Sampah dengan Menabung di Bank Sampah, serta sampah bisa dibuat Recycle Craft yang menarik lho…anak-anak langsung ditunjukkan kreasi pot dari Koran, tempat tissue cantik dari kantung keresek, wadah buah dari bekas minuman berasa, dan lain-lain.

Peserta menonton Video Bank Sampah Bumi Inspirasi, kemudian Kak Andrian mengeluarkan “Spanduk Ajaib” untuk menjelaskan sampah-sampah daur ulang yang bisa diterima di Bank Sampah. Dan ada Kuiz dan Doorprize untuk peserta yang aktif menjawab pertanyaan. Karena peserta udah laper…anak-anak seneng banget dapat Pizza Homemade yang lezat, semuanya semangat makan pizza nya yang special dibuat untuk Pahlawan Cilik Pelindung Bumi.


Setelah istirahat makan pizza, anak-anak menuju outdoor hall Bumi Inspirasi untuk praktek langsung pilah sampah daur ulang bekerjasama dengan tim kelompoknya. Wah…keren sekali anak-anak…sudah bisa memilah sampah daur ulang mirip seperti yang dilakukan Aiko di Jepang (duplek, botol, tutup botol, kaleng, sudah dipisahkan dalam kelompoknya) dan siap untuk ditabung di Bank Sampah.

 
Kegiatan dilanjutkan dengan Simulasi Bank Sampah Mini, ada yang bertugas menjadi petugas bank sampah cilik (yaitu greeter, Customer Service, dan Teller), serta nasabah cilik. Greeter bertugas menyambut Nasabah dan memberikan nomor Antrian dengan ramah. Teller yang akan menimbang sampah per jenis sampah dan menyebutkan jenis dan kiloannya, dan Customer Service yang mencatat ke dalam kartu nasabah, serta menyerahkan Kartu Nasabah Cilik ke Nasabah. Dan nasabah menyetorkan sampah sesuai jenisnya.


Senangnya, di akhir Aktivitas, seluruh peserta mendapatkan Hadiah Souvenir Pin Pelindung Bumi dan Kartu Nasabah Cilik (yang bisa digunakan untuk menabung di Bank Sampah Bumi Inspirasi).
Sampai Jumpa di Acara Bumi Inspirasi berikutnya. Terus semangat menjadi Pahlawan Pelindung Bumi ya…



Yel Pahlawan Pelindung Bumi
Siapa Kita?
Pahlawan Pelindung Bumi
Mau Apa Kita?
Bersama-sama Melindungi Bumi
Pahlawan Pelindung Bumi!
Siap..Siap..Siap




Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
TWITTER
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 087821533553
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved