BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

Projek “ Sampah jadi Berkah ” SD Ar-Rahman Darul Ilmi Bandung


 

Bismillah..

Hay hay sahabat Bumins!πŸ‘‹πŸΌπŸ‘‹πŸΌ

Alhamdulilah pada hari Jum’at, tanggal 27 Januari 2023 kali ini Bumi Inspirasi berkolaborasi kembali bersama dengan SD Ar-Rahman Darul Ilmi yang bersama sama mengembangkan projek sekolah di “ Sampah jadi berkah ” yang mana pada hari ini SD Ar-Rahman Darul Ilmi mengundang Bumi Inspirasi, Bapak Moch. Yayan Sofiyan Syam (DLH Kota Bandung) dan bapak Agus Sukaryat (KSM dabaresih RW 05 Dago). Untuk bersama sama sharing dan bersosialisasi mengenai projek SD Ar-Rahman “ Sampah jadi Berkah ” dalam pemanfaatan sampah organik.

Kali ini Alhamdulilah Bumi Inspirasi dapat berbagi keranjang Takakura dan beberapa peralatan untuk kompos dan ecoenzyme untuk nantinya akan dipakai dan dimanfaatkan dalam menangani sampah organik di SD Ar-Rahman Darul Ilmi Bandung. Alhamdulilah semoga dengan ini takakura dan beberapa upaya yang dilakukan akan terus menjadi projek baik pendukung untuk SD Ar-Rahman Darul Ilmi memanfaatkan sampah disekolah dengan sebaik-baiknya.

Alhamdulilah awal kegiatan ini dihadiri oleh pada orangtua dan beberapa perwakilan teman teman SD Ar-Rahman dari kelas 1 sampai kelas 6 dan Duta Lingkungan. Pembukaan acara dibuka oleh Ibu Yosi sebagai MC dan dibuka oleh Ibu Iin selaku Kepala Sekolah SD Ar-Rahman yang kemudian disambung oleh Bunda Isti Khairani ( Founder Bumi Inspirasi ) yang bercerita sedikit mengenai pengembangan SD Ar-Rahman dalam mengelola sampah dan cerita dari Duta Lingkungan yang sudah menabung di Bank Sampah Induk Kota Bandung yang saat itu perdana menabung bersama dengan Pak Wage ( Bumi Inspirasi ) yang Alhamdulilah sampai saat ini insyaa Allah SD Ar-Rahman tetap konsisten pilah sampah dikelas untuk mengurangi sampah dilingkungan sekolah.

Kemudian setelah itu kemudian dilanjutkan sharing Informasi mengenai sampah di lingkungan khususnya Kota Bandung saat ini dan mengenal apa itu ecoenzym oleh bapak Agus Sukaryat selaku KSM dabaresih RW 05 Dago) bagaimana bapak Agus membangun warga dan lingkungan di daerah Dago Barat untuk sama sama bersih baik dalam sampah yang terkelola dari sampah organik ataupun sampah anorganiknya. Setelah mengenal ecoenzym oleh bapak Agus kemudian dilanjutkan oleh bapak Moch. Yayan Sofiyan Syam (DLH Kota Bandung) yang langsung sharing dan berbagi informasi sekaligus praktik mengenai  ecoenzym yang mana dengan ini ecoenzym merupakan cairan sejuta manfaat hasil fermentasi dari sampah organik yang kita kelola. Pak Yayan yang membawa langsung beberapa cairan dari sampah organik ini berbagi informasi bahwa ecoenzym ini sangat bermanfaat sekali jika sudah dapat dimanfaatkan dengan baik, bisa dijadikan obat luka, karbol alami untuk pel lantai, sabun mandi, bahkan bisa digunakan untuk membantu proses fotosintesis tanaman dan yang lainnya.

Setelah sharing informasi dari Pak Yayan kemudian langsung dilaksanakan praktik membuat ecoenzym bersama dengan sampah organik dari kulit buah-buahan yang sudah dibawa oleh teman-teman SD Ar-Rahman dari rumah. Hasil pembuatan ecoenzym bersama ini nantinya disimpan disekolah untuk dimanfaatkan menjadi ecoenzym yang sudah jadi setelah 3 bulan kemudian. Setelah sharing informasi ini kemudian dilanjutkan oleh Bunda Isti Khairani ( Founder Bumi Inspirasi ) yang sharing informasi mengenai kelola organik melalui kompos yang kemudian langsung dipraktikkan oleh duta lingkungan SD Ar-Rahman membuat kompos yang juga langsung memanfaatkan sampah organik dari konsumsi yang ada disekolah saat itu.

Alhamdulilah, semoga dengan ini pengembangan projek yang ditetapkan di SD Ar-Rahman dapat berjalan dengan baik, dan tentunya bisa berkolaborasi bersama sama dengan Bumi Inspirasi untuk sama sama menjadi sekolah yang ramah lingkungan dengan pemanfaatan sampah organik maupun anorganiknya.

Semoga tentunya ini bisa menjadi manfaat dan inspirasi untuk sahabat Bumins dan sekolah lainnya untuk sama sama siap menjadi pahlawan pelindung bumi dengan aksi aksi disekolah yang dapat sama sama kita lakukan dalam kehidupan kita sehari hari.

Mau berkolaborasi bersama Bumi Inspirasi dan belajar bersama? πŸ€©

Ikuti terus semua kegiatan Bumi Inspirasi di instagram Bumi Inspirasi 

@bumiinspirasi_lc(https://instagram.com/bumiinspirasi_lc?igshid=YmMyMTA2M2Y) dan nantikan informasi selanjutnya ya sahabat Bumins! πŸ‘‹πŸΌπŸ‘‹πŸΌ

Salam Pahlawan Pelindung Bumi dan Salam Inspirasi πŸŒ±





 




Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
POST ARCHIEVE
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 0896-0423-3954
  • Instagram : Bumiinspirasi_lc


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved