BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

KUY TERAPKAN TIPS CARA KELOLA SAMPAH ORGANIK WALAU KAMU DIRUMAH AJA 🌱🌱


 

Assalamualaikum..

Hallo Sahabat Bumi Inspirasi, salam sehat, salam semangat dan salam inspirasi selalu untuk semuanya yaa

Apa kabar sahabat Bumins! Semoga semuanya selalu dalam keadaan sehat yaaa..

Ga jarang pasti waktu kita untuk menghabiskan waktu dirumah aja cukup banyak, apakah dari sebagian waktu tersebut kita bisa sedikit sisihkan untuk berbicara mengenai pengelolaan sampah?

Nahh.. kalau berbicara mengenai pengelolaan sampah organik, sahabat Bumins sudah mengelola dengan cara apa saja? Apakah dibuang begitu saja? Dimanfaatkan jadi kompos? atau dijadikan pupuk langsung ke tanaman tanaman yang kita tanam dirumah?

Perlu kita ketahui dulu ya sahabat Bumins, bahwa menurut data dari MENLHK Indonesia pada tahun 2022, grafik komposisi sampah dengan data cukup besar ada pada sampah rumah tangga yakni sebanyak 38,2 % yang terpastikan notabene sampah rumah tangga ini ada pada sampah organik. Lalu bagaimana ya cara mudah kita untuk bersama sama membantu penanganan sampah di Indonesia sekaligus tanggap akan masalah sampah di lingkungan kita.

Nah kali ini ada 4 tips mudah yang bisa sekali kita mulai terapkan dirumah secara sederhana dalam kehidupan sehari hari sahabat Bumins! Apa aja ya?

1.      Membuat kompos.

    Pasti terdengar malas dan bau kalau mendengar kata Kompos ya sahabat Bumins? Eitss kata siapa, kompos sekarang banyak cara kelola nya loh mulai dari dikarung ajaa, takakura atau dengan keranjang bahan lainnya yang siapa tau barang tersebut kita buang gitu ajaa padahal bisa dijadikan media untuk kompos. cara ini terbilang loh sahabat Bumins karena dengan sederhana, sahabat bumins hanya perlu menyiapkan sampah organik tentunya, sekam, tanah atau air cucian beras jika terasa kompos diproses dalam keadaan kering.

2.   Menjadi pupuk langsung untuk tanaman.

Tips ini yang paling mudah, karena hanya dengan sampah organik yang kita hasilkan setiap hari, sahabat Bumins bisa langsung memotongnya menjadi bagian bagian yang kecil dan langsung menjadikannya pupuk untuk tanaman dirumah. Selain sangat mudah tentunya tips ini bisa menjadi pembantu nutrisi baik untuk tanaman kita tumbuh sehat. 

3.      Dijadikan cairan ecoenzyme

Tips ini juga mudah dilakukan karena jadinya cairan ini akan menjadi bagian juta manfaat untuk kita manfaatkan dirumah, yang padahallll… bahan utamanya dari sampah organik loh ( kulit buah ) sahabat Bumins. cukup menyiapkan air, molase ( gula cair ) dan air. Cairan ecoenzyme kamu akan panen setelah 3 bulan loh! 

4.      Sedekah kepada makhluk Allah lainnya.

Nah.. tips terakhir juga tidak kalah mudah, sahabat Bumins punya peliharaan dirumah? Sahabat bumins bisa semangat sedekahkan sampah organik kepada hewan peliharaan dirumah, seperti kelinci yang suka sekali kulit kulit buah, sisa makanan untuk ayam, bebek. Bahkan sampah sampah tulang untuk kucing. Selain senangnya bersedekah kepada makhluk Allah lainnya. Kita bisa asyik rutin memanfaatkan sampah organik kita dirumah. 

Sahabat Bumins sudah coba salah satu tips diatas? Atau belum?

Hmmm yuks kita sama sama lakukan dari sekarang dan semangat praktik dirumah.

Semoga menjadi inspirasi dan menjadi semangat untuk sahabat bumins lainnya peduli dengan Bumi, lingkungan dan tanggap masalah sampah kita saat ini.

Jadikan setiap hari kita adalah Hari Bumi.

Semoga menginspirasi ya sahabat Bumins! 

Salam Inspirasi  🌱🌱

About us : 

Instagram @bumiinspirasi_lc

Youtube : Bumi Inspirasi

Web : www.bumiinspirasi.or.id

                                                              







Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 0896-0423-3954
  • Instagram : Bumiinspirasi_lc


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved