BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

BUMI INSPIRASI KIDS CLUB DAY 1 -OPENING-


Liburan Seru Bareng Bumi Inspirasi Kids Club
Ledakkan Kreativitasmu!



  
Liburan sekolah pastinya seru dan mengasyikan tapi kegiatan apa ya yang tetap menyenangkan sambil belajar dan bermain? Jawabannya ada di Bumi Inspirasi Kids Club!

Bumi Inspirasi Kids Club adalah sebuah wadah bagi anak-anak yang ingin mengembangkan diri, kreativitas, dan ide dalam beberapa bidang dalam suatu perkumpulan yang dibina oleh kakak-kakak dari Bumi Inspirasi. Bidangnya apa saja?

Lingkungan, Recycle, Art dan Craft, Science, Memasak, dan Public Speaking. Kenapa ada banyak sekali ya? Karena di Bumi Inspirasi Kids Klub ini anak-anak dapat belajar sesuai dengan passion yang disukai. Kegiatan yang dilakukan dikemas dengan fun dan banyak permainan sehingga anak-anak tidak merasa sedang belajar sehingga pengetahuan yang didapatkan terasa menyenangkan.

Selain itu kakak-kakak fasilitator dari Bumi Inspirasi meramu kegiatan sesuai dengan kelompok umur anak-anak agar mereka dapat lebih mudah mendapatkan teman baru dengan kemampuan yang sama. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Kids Klub yaitu:
The Guardians of the Earth- Penjaga Bumi? Apakah  anak-anak bisa menjadi pahlawan pelindung bumi? Jawabannya “Bisa Banget”, salah satu cara melindungi bumi yaitu dengan peduli dengan lingkungan. Ada banyak sekali cara peduli dengan lingkungan misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah, atau menanam pohon. Kontribusi sekecil apapun terhadap kepedulian anak akan berdampak besar terhadap masa depan anak dan lingkungan.

Art and Craft Recycle- Recycle merupakan salah satu cara mengurangi sampah! Di Kids Klub anak-anak dibina sejak kecil agar mencintai lingkungannya dengan menggunakan sampah menjadi bahan kerajinan tangan.

Story Telling – Siapa yang tidak senang dengan kegiatan bercerita? Kegiatan bercerita merupakan kegiatan yang menarik dan disajikan dengan berbagai alat dan media agar isi  cerita semakin hidup!

Science Experiments- Ada banyak sekali eksperimen sederhana yang dapat dilakukan oleh anak-anak. Dengan penjelasan dari kakak-kakak yang mudah dimengerti sehingga anak diharapkan dapat menangkap tentang fenomena alam sederhana yang terjadi di lingkungannya.

Cooking Class - Anak-anak suka bermain di dapur? Eksperimen membuat dan menghias makanan juga salah satu kegiatan dari Kids Klub. Sudah siap bertemu dengan koki atau chef?

Schedule Bumi Inspirasi Kids Club
Kegiatan-kegiatan yang menyenangkan di atas dikemas oleh kakak-kakak menjadi rangkaian yang dibagi ke dalam tiga hari dalam tiga tema yang berbeda yaitu:

Hari ke-1 : Art, Craft and Experiment’s day!
                 11 JulI, 2017 di Basecamp Bumi Inspirasi Learning Center

Hari ke-2: Lets cook!
               12 Juli,2017 di Bread.co (Jl. Ir. H. Juanda)

Hari ke-3: Little Scientist
               13 Juli 2017 di Sabuga Science Center

Are you ready?

Art, Craft and Experiment’s day!
Tema Planet kita, Bintang dan Benda Angkasa
Pluto, benda langit yang resmi dikeluarkan dari kategori Planet sejak 2006.
Ketika kakak dari BumIns bertanya langsung kepada anak-anak mengapa Pluto bukan planet ternyata banyak sekali yang dapat menjawab. Katanya “nakal” selalu keluar dari jalur, terlalu kecil, terlalu jauh dari matahari. Jawaban sederhana dari anak-anak betul seperti yang dikatakan peneliti astronom maka sekarang Pluto hanya disebut satelit.

Setelah belajar dari Pluto, anak-anak menyebutkan urutan planet yang terdekat dari matahari yaitu:
Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Selain itu juga anak-anak diberi pertanyaan mengenai;
Planet apakah yang kita tinggali saat ini? Planet manakah yang paling besar? Planet manakan yang paling dekat dengan matahari? Dan banyak sekali pertanyaan berhadiah yang diajukan oleh kakak-kakak untuk menyemangati.

Story Telling: Bintang Vega dan Bintang Matahari
Pernah melihat warna bintang kebiruan yang paling terang ketika malam hari? Jika pernah bisa jadi bintang kebiruan itu adalah bintang Vega yang jaraknya 25 juta tahun cahaya!

Pada suatu hari bintang Vega meredup dan sinarnya tidak seterang biasanya kemudian matahari mendekati bintang Vega temannya. Matahari menanyakan kenapa Vega bersedih, ternyata Vega bersedih karena merasa tidak berguna seperti Matahari. Matahari dapat menyinari bumi, dapat mengeringkan pakaian dan menjadi bahan tenaga untuk alat-alat di bumi sedangkan Vega bingung dia ingin berguna seperti Matahari.

Matahari kemudian menghibur Vega, ternyata berguna bagi penduduk bumi! Banyak nelayan dan para pelaut maupun petualang yang menggunakan bintang Vega sebagai kompas atau penunjuk arah ketika malam hari. Warna sinar Vega yang lebih mencolok dari bintang lainnya menjadi penanda arah petunjuk.

Wah ternyata Vega baru mengetahui itu dan ia merasa senang dapat berguna bagi penduduk bumi!

Nebula
Tahukah kamu apa itu Nebula?

Menurut Wikipedia, Nebula adalah awan antar-bintang yang terdiri dari debu, gas dan plasma. Warna nebula sangatlah indah karena di dalamnya ada terdapat bintang-bintang yang bersinar dengan warna-warna yang berbeda.

Craft 1
Nebula
Pada craft kali ini anak-anak akan membuat kerajinan tangan yang nantinya akan mirip dengan warna nebula yang dijelaskan oleh kakak-kak dari BumIns bahannya dari botol kaca bekas sambil belajar dan mengurangi sampah. Alat dan bahan yang diperlukan yaitu:
-        Botol Kaca Bekas                  - Cat
-        Dakron                                                - Glitter
-        Sedotan                                             - Air
Ini Nebulaku!

Craft 2
Topi Koki
Berhubungan dengan kegiatan hari kedua yaitu kegiatan memasak, pada hari pertama anak-anak membuat dua kerajinan tangan yaitu Nebula dan Topi Koki. Topi koki ini yang akan dipakai anak-anak di dapur Bread.co. Alat dan Bahan yang diperlukan yaitu:
-        Kertas Karton Putih               - Gunting
-        Alat pewarna                        - Pensil
Alat dan bahan yang digunakan juga sederhana, karena pada tema menghias topi koki ini. Anak-anak bebas mengkreasikan ruang kosong pada bentuk topi.

Science Experiments:

The Standing Egg
Pernah mencoba membuat telur yang bentuknya lonjong agar berdiri? Tanpa bantuan apa-apa pasti telur akan jatuh kembali. Dengan sedikit bantuan sedikit “trik sains” telur dapat berdiri, alat dan bahannya yaitu:
-        Telur                            - Garam
-        Alas datar

Cukup taburkan garam di atas alas kemudian berdirikan telur di atas garam hingga telur dapat berdiri. Tiup sedikit bagian garam di sekitar telur hingga tersisa sedikit garam di bagian bawah telur. Voila! Telur terlihat dapat berdiri!

Mengisi Balon tanpa Ditiup

Bagaimana caranya?

Pada eksperimen ini kakak dari BumIns tidak ada yang membawa pompa atau alat pengisi balon tapi kakak-kakak membawa satu botol kaca yang di dalamnya sudah ada suatu cairan. Balon yang ditempelkan pada botol kaca diberdirikan tiba-tiba balon terisi dengan udara!

Pertama, yang di dalam botol adalah cairan cuka dan benda yang berada di dalam balon adalah soda kue. Soda kue yang biasa dipakai untuk membuat kue agar kue mengembang. Ternyata campuran cuka dan soda kue membuat suatu gas yang dapat mengisi ruang balon. Coba cari apa nama gas yang mengisi ruang balon itu, apa ya namanya?

Hari pertama tentang art, craft dan eksperimennya mengasyikkan dan mudah untuk dicoba di rumah bukan?

pict. standing egg
pict. mengisi balon tanpa ditiup
pict. nebula

pict. craft topi koki


Penulis : Annisa Fauziah S.pd (Ketua Bumi Inspirasi)


Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
TWITTER
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 087821533553
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved