BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

- RAMADHAN BERKAH MINIM SAMPAH -


Ramadhan tahun 2022 ini menjadi suatu keberkahan khususnya bagi umat muslim dimana semua dapat melaksanakan ibadah shaum dengan semangat dan khusyuk. Bertepatan pula dengan bulan April dimana tepat pada tanggal 22 April akan diperingati sebagai hari bumi. Tentunya ini menjadi suatu momentum yang tepat selain menjalankan ibadah, kita dapat memulai gaya hidup minim sampah yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ada beberapa tips bagaimana memulai gaya hidup minim sampah dibulan Ramadhan ini :

  1. Membawa kantong kain saat berbelanja. Salah satu bentuk kita menyayangi bumi ialah dengan mengurangi sampah, yang salah satunya kita bisa lakukan ialah dengan membawa kantong kain kemana saja untuk mengurangi penggunaan kresek atau plastik yang kita hasilkan.
  2.  Membawa tumbler dan wadah sendiri saat membeli takjil. Ini juga menjadi langkah kita untuk mengurangi sampah plastik atau semacamnya. Yang mana selain dapat mengurangi sampah plastik, membawa wadah sendiri dari rumah makanan yang dibeli juga menjadi lebih bersih dan sehat karena tidak tercampur dengan bahan-bahan plastik dan sebagainya.
  3.  Mengompos, memanfaatkan sampah organik yang dihasilkan dari rumah apalagi saat ramadhan ini menjadi salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk membuat ramadhan menjadi lebih produktif. Sampah organik yang dihasilkan sehari-hari, bisa dikumpulkan kemudian diolah dan dimanfaatkan menjadi kompos.
  4.  Menyumbang ke masjid dengan berbagai kemasan yang minim sampah tanpa plastik, tanpa mika, tanpa sterofoam dan sebagainya.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memulai gaya hidup minim sampah dibulan ramadhan ini, semoga dibulan suci ini dapat terbentuk momentum yang bisa menuntun kita untuk  produktif, semangat dan dapat menjadi suatu keberkahan tentunya.


Liputan mengenai Ramadhan Minim Sampah 

https://www.inilahkoran.com/bandung-raya/pr-1183162214/begini-tips-bagaimana-memulai-gaya-hidup-minim-sampah


- Terimakasih -

🌱 Salam inspirasi 🌱




Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
POST ARCHIEVE
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 0896-0423-3954
  • Instagram : Bumiinspirasi_lc


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved