BUMI INSPIRASI
LEARNING CENTER

Cerdas Finansial - Ramah Lingkungan - Akhlak Islami

Zero Waste Lifestyle


Setiap keluarga bisa mengambil peran untuk membuat Bumi menjadi tempat tinggal yang lebih nyaman. Banyak cara sederhana yang bisa dilakukan oleh setiap individu untuk kenyamanan Bumi sebagai tempat tinggal. Zero Waste Lifestyle dan Gaya Hidup Ramah Lingkungan yang dilaksanakan dalam sebuah rumah dapat membantu melindungi bumi dan dapat menghemat pengeluaran belanja rumah tangga, sehingga dapat mewujudkan sebuah keluarga yang cerdas finansial dan ramah lingkungan.


Keluarga adalah institusi pertama setiap orang. Dalam skala keluarga pula, setiap pengajaran baik bisa diteruskan, termasuk soal sampah. Bank Sampah Bumi Inspirasi memiliki tujuan untuk menciptakan “Gaya Hidup Minim Sampah” dan “Sampah bisa Jadi Uang”, yang dimulai dari perubahan perilaku keluarga dalam mengelola sampah, dengan lokomotif utama adalah Ibu dan Anak. Berdasarkan data, sebanyak 60% sampah di kota Bandung berasal dari permukiman, bukan industri atau hotel dan restoran. 






















Berikut beberapa Tips Zerowaste Lifestyle untuk Keluarga Ramah Lingkungan:

1. Selalu membawa Kantung Kain saat berbelanja 
Salah satu bentuk kita melindungi bumi dengan mengurangi sampah adalah dengan selalu membawa kantung kain saat berbelanja, sehingga bisa mengurangi penggunaan kantong kresek.

2. Selalu membawa bekal air minum dalam botol isi ulang
Hal ini lebih hemat untuk mengurangi biaya pembelian air mineral dalam botol, dan juga ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan sampah.

3. Membawa wadah makanan sendiri
Saat bepergian sebaiknya selalu membawa wadah makanan sendiri dan kantong kain, sehingga dapat mengurangi sampah plastik dan lebih sehat. Karena makanan panas yang dimasukkan dalam plastik berbahaya untuk kesehatan.

4. Membawa wadah saat berbelanja
Saat belanja ke pasar atau ke warung membeli bahan makanan (misal ayam, ikan, tahu, dll) biasakan membawa wadah sendiri, sehingga dapat mengurangi sampah plastik. 

5. Rajin pilah sampah, dan Sampah bisa menjadi uang
Keluarga yang rajin memilah sampah, dan sampah an organik yang bernilai ekonomis dijual di bank sampah, maka akan menjadi tambahan pendapatan  untuk dapur keluarga.  

6. Kreatif menggunakan perlengkapan dapur
Kurangi penggunaan tissue, dan gunakan lap karet  (yg biasa digunakan untuk mencuci mobil) atau lap lainnya untuk membersihkan kotoran di dapur atau di rumah. Hal ini dapat menghemat biaya belanja bulanan untuk  biaya belanja tissue, dan ramah lingkungan karena dapat mengurangi sampah.

Budaya membuang sampah pada tempatnya, Gerakan Pungut Sampah, budaya pilah sampah harus dimulai sejak dini, sehingga edukasi bank sampah atau sedekah sampah sangat bermanfaat   dalam menanamkan gaya hidup ramah lingkungan dalam sebuah keluarga.

Kegiatan Bank Sampah Bumi Inspirasi berfokus pada edukasi kelola  sampah untuk Ibu dan Anak. Kegiatan yang  telah  dilaksanakan Bank Sampah Bumi Inspirasi adalah Workshop Bank Sampah untuk Ibu dan Anak,   Training Edukator Cilik Bank Sampah, Bumi Inspirasi Mengajar, Bumi Inspirasi Goes to School  serta Edukasi Bank Sampah di TK dan SD. Tujuan kegiatan ini adalah  dapat merubah perilaku dalam mengelola sampah, serta bisa menghasilkan  Change Agent Ibu dan Anak  yang dapat mengedukasi keluarga untuk mewujudkan  Gaya Hidup Keluarga Minim Sampah.


Artikel Terkait

TOTAL PENAYANGAN
TWITTER
  • Bumi Inspirasi Learning Center

  • Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 - Indonesia
  • E-mail : bumiinspirasi4@gmail.com
  • HP / Whatsapp : 087821533553
  • Telp : 022-2504040


Copyright © | Bumi Inspirasi LC | All Right Reserved